18 Februari 2009

Tanggapan Terhadap Tulisan Bpk. Parama Mengenai Konsep Dasar Statistik


Setelah saya membaca tulisan Bpk. Parama dalam kuliahbersama saya menjadi lebih mengerti mengenai konsep dasar statistik. Benar yang ditulis oleh beliau, bahwa ilmu statistik itu banyaklah manfaatnya dalam dunia industri, dan untuk memahaminya dimulai dengan pemahaman mengenai mean, median, modus, varian, dan standar deviasi. Menurut saya bagian ini merupakan bagian terpenting, yang harus dipahami oleh seorang engineer. Bahkan sejak sekolah dasar pun kita telah diajarkan mengenai statistika kan?

Statistika itu seperti sebuah mikroskop. Mengapa?? Karena ilmu statistik itu memberitahu kita informasi dari suatu kelompok data atau kejadian, yang tidak dapat disimpulkan secara langsung. Kalau mikroskop itu kan memperbesar daya lihat kita terhadap suatu objek, nah kalau statistik ini akan mampu memberi gambaran yang jelas terhadap suatu gugus data. Dengan hal ini diharapkan kita dapat menarik suatu kesimpulan, yang pada akhirnya ditindaklanjuti lebih jauh. Sebagai contoh, seperti yang telah disampaikan beliau di kelas, jika kita hendak berjualan pakaian, maka yang harus kita lakukan pertama kali adalah melakukan kajian statistik mengenai jenis pakaian (kemeja, kaos, atau kaos berkerah), lalu warnanya, dan atribut lainnya. Dengan statistik maka akan diperoleh informasi mengenai jenis pakaian, warna, motif, desain, dll yang pada umumnya dikenakan oleh sasaran yang hendak kita tuju.

Jadi, marilah kita belajar statistik dengan sungguh-sungguh. Karena jika tidak, mungkin peribahasa "seperti katak dalam tempurung" akan berlaku bagi kita... Isn't it??

Keep on spirit!!!
GBu. . .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar