11 Februari 2009

Bagaimana Menggunakan Mikrometer?


Mikrometer adalah sebuah alat ukur ketebalan (panjang) yang memiliki ketelitian hingga 0,01 mm. Pernahkah Anda memakainya? Pasti banyak yang belum pernah menggunakan mikrometer ya?? Nah di halaman ini saya akan mengajari secara singkat bagaimana menggunakan mikrometer.

Misalkan kita hendak mengukur diameter seutas kawat. Pertama-tama kita jepitkan kawat tersebut pada mikrometer hingga ulir tak dapat diputar lagi. Bacalah skala yang ditampilkan. Mikrometer memiliki 3 macam skala. Skala pertama menunjukkan nilai utama (nilainya 1 mm), skala kedua menunjukkan nilai tengahan (nilainya 0,5 mm), dan skala ketiga terdapat pada ulirnya (nilainya 0,01 mm). Bacalah skala mulai dari skala pertama, kemudian lanjutkan dengan memperhatikan skala kedua. Jika ulir belum melewati skala tengahan maka lanjutkan dengan membaca skala ketiga. Gabungkan kedua skala tersebut sehingga didapat sebuah nilai diameter kawat tersebut. namun jika ulir telah melewati skala tengahan, maka hasil atau nilai yang didapat harus ditambah dengan 0,5 mm.

Sebagai contoh, perhatikan gambar mikrometer di atas! Mikrometer di atas memilki 4 skala. Ada skala perempatan, nilainya 0,25 mm. Skala pertama melewati angka 3 (simpan nilai 3 mm). Lalu ulir telah melewati skala perempatan pertama (simpan nilai 3mm + 0,25 mm). Namun tidak melewati skala tengah. Kemudian skala ke tiga menunjuk angka 21. Jadi nilai yang didapat dari pembacaan ini adalah : 3mm + 0,25 mm + 0,21 mm atau sama dengan 3,46 mm.

Selamat mencoba!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar